Workshop & Simposium Nasional Geomekanika 5 - 2019

Excursions

 

Kegiatan ekskursi pada WSNG 5 akan diadakan pada hari Jumat, 30 Agustus 2019 dengan tujuan kunjungan pertama yaitu Lokasi Tambang Semen Tonasa dilanjutkan dengan mengunjungi Kawasan Pegunungan Karst Rammang-rammang. PT Semen Tonasa adalah produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari kota Makassar dan memiliki kapasitas terpasang 5.980.000 ton semen per tahun.

Rammang-Rammang adalah sebuah tempat di gugusan pegunungan karst (kapur) Maros-Pangkep. Letaknya di desa Salenrang, Kecamatan BontoaKabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar 40 km di sebelah utara Kota MakassarNama "Rammang-Rammang" berasal dari Bahasa Makassar, di mana kata rammang berarti "awan" atau "kabut". Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang karena awan atau kabut yang selalu turun, terutama di pagi hari atau ketika hujan. Luas haman hutan batu Kapur Rammang-Rammang bertebar adalah 45 000 hektar (45 km²) dan merupakan kawasan karst terbesar ketiga di dunia, setelah Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Tiongkok. Terdapat dua kompleks taman hutan batu di Rammang-Rammang, yakni di utara dan di selatan.

Kegiatan ekskursi di PT Semen Tonasa memiliki kapasitas kuota 25 orang, yang akan diambil dari 25 orang pendaftar pertama WSNG 5. Panitia pendaftaran akan mengkonfirmasi apakah pendaftar berhasil masuk dalam kuota untuk mengunjungi kedua lokasi atau hanya dapat mengikuti kunjungan ke Rammang-rammang.  

1/1

1/1
  • IRMS Instagram
  • IRMS Twitter