Workshop & Seminar Nasional Geomekanika 2 - 2013

WSNG 2

 

 

Seminar Nasional Geomekanika II tahun 2013 diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 Agustus 2013 di Hotel Aston Primera Bandung, hasil kerjasama antara Indonesian Rock Mechanics Society (IRMS) dengan Program Studi Sarjana Teknik Pertambangan & Program Studi Magister Rekayasa Pertambangan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan tema Peran Geomekanika dalam Pembangunan Sektor Pertambangan, Perminyakan & Infrastruktur.  

 

Pada tanggal 26 Agustus 2013, Seminar Nasional Geomekanika II dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung, Prof. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D. Pembicara utama terdiri dari (1) Presiden Indonesian Rock Mechanics Society, Dr. Suseno Kramadibrata; (2) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bapak F.X. Sutijastoto yang diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi "Lemigas", Dra. Yanni Kussuryani, M.Si; (3) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum, Bapak Ir. Graita Sutadi, M.Sc. yang diwakili oleh H.M. Eddie Sunaryo, PhD.

 

Diluar pembicara utama, panitia telah menerima 31 judul abstrak. Lima judul abstrak tidak melanjutkan penulisan menjadi makalah, sehingga prosiding seminar ini hanya menerbitkan 24 makalah. Makalah-makalah tersebut dipresentasikan pada 2 ruangan secara paralel. Adapun makalah-makalah tersebut merupakan kontribusi dari 10 makalah dari universitas, dimana penulis adalah mahasiswa dan dosen/peneliti. Bila dikategorisasi berdasarkan bidang kelimuan, 7 dari jurusan pertambangan, 3 dari jurusan Geologi, meliputi ITB, Univeritas Padjajaran, UPN Veteran Yogyakarta, dan Universitas Sriwijaya. Tiga makalah dari badan penelitian pemerintah, meliputi 2 pusat penelitian dan pengembangan Teknologi Mineral (Tekmira) dan 1 dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan Raya. Sebelas makalah dari industri/praktisi, menyampaikan studi kasus terkait tambang bawah tanah (4 makalah), dan 7 makalah tambang terbuka.

 

Selama seminar ini juga diselenggarakan booth pameran perusahaan yang diikuti oleh PT. Kaltim Prima Coal, PT. Freeport Indonesia, Groundprobe, Bumi Resources Mineral, New Module International, Ellipsis, serta PERHAPI dan Majalah Tambang.

Pada tanggal 27 Agustus 2013 diselenggarakan Workshop, dengan tema meliputi (1) General risk management yang disampaikan oleh Dr. Suseno Kramadibrata; (2) Logistic Regression in Geomechanics oleh Dr. Ridho Kresna Wattimena; (3) Data characterization 2 and failure probability oleh Masagus Ahmad Azizi, MT; (4) Predicting failure and estimating time of failure using slope stability radar data oleh Rachmat Musa.

 

Sponsor acara ini, terdiri dari sponsor Utama yaitu PT. Freeport Indonesia, Groundprobe dan PT. Kaltim Prima Coal; Sponsor Rehat Kopi yaitu PT. Adaro Indonesia; serta Sponsor Donasi yaitu PT. Berau Coal, PT. Bumi Resources Minerals, PT Bukit Asam, New Module International.

  • IRMS Instagram
  • IRMS Twitter